Skip to main content

Belajar Komunikasi Produktif Game Level 1 Day 7 Bunsay

Suami saya adalah orang yang super sabar, tapi cueknya ampun-ampunan. Itu adalah gelar yang saya sematkan selama ini. Sekarang gelar tersebut ingin saya ganti dengan predikat orang yang super sabar dan perhatian dengan caranya.. ecieeee... hahaaa

benar sekali ketika kita berusaha memahami persepsi orang lain, maka akan mengurangi konflik yang mungkin akan terjadi. Selama belajar dalam materi komunikasi produktif ini, yang banyak saya lakukan adalah berusaha memahami persepsi orang lain atas sikap dan kata-kata yang dilakukan. selain itu adalah melonggarkan toleransi terhadap suatu sikap yang menurut saya adalah kesalahan orang lain. meningkatkan sabar dan toleransi. Sepertinya hanya 2 hal saja, dan mudah. tapi sangatlah sulit dilakukan. di sini saya belajar tiap hari dan selama beberapa hari, yang saya rasakan adalah meningkatnya mood positif dan rasa bahagia.

Seringkali kita sebagai istri merasa capek tingkat akut karena melakukan semua hal sendiri dalam seharian, tapi sebenarnya suami pun memiliki seabreg kegiatan di luar rumah, tentu saja juga memiliki rasa capek yang sama. Kadang ada rasa tuntutan untuk back up peran di rumah, padahal suami juga capek kali... ya kan? Saya belajar untuk memberi ruang bagi suami untuk rehat sejenak sebelum mendengarkan celoteh saya, delegasi tugas domestik maupun kegiatan membersamai anak-anak. Selain itu, suami juga butuh me time ala dia. Karena suami saya hobi nonton film, maka ketika saya memberikan kesempatan untuk ketemu temennya dan nonton film, biasanya mood suami akan semakin bagus. Kegiatan tersebut menjadi me time untuknya karena dia melakukan aktivitas tanpa kami bertiga mengekor di belakangnya seperti biasanya.

Selain itu suami juga menyukai olahraga beladiri, saya ingin suami saya aktif dalam komunitas untuuk menjaga agar wawasannya selalu terbuka dan bisa bertemu dengan banyak orang selain teman kantor. tapi selama ini masih terbentur waktu dan dana. tapi jika saya ingin positif thinking, sebenarnya suami saya memang tipe orang yang lebih suka menghabiskan waktu dengan keluarga dimanapun aktivitas ini dilakukan. saya bersyukur mendapatkan suami sepertinya.
Semoga dengan kelonggaran baginya melakukan me time ala ala yang juga jarang dilakukannya itu, memberinya sikap positif dalam menjalani peran.


#Hari7
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Comments

Popular posts from this blog

Review Beberapa tempat berenang di Batam

Berenang merupakan salah satu ketrampilan yang harus kita bekalkan kepada anak-anak kita. salah satu manfaat berenang adalah koordinasi tangan badan dan nafas, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membakar kalori, dan tentu saja menyenangkan untuk anak-anak yang hobinya main air. alhamdulillah di umur 7 tahun ini Barra sudah mulai bisa untuk sekedar survive di kolam renang dalam tanpa pelampung. Ata yang baru berumur 3,5 tahun sudah memiliki keberanian untuk bermain-main di kolam dalam, dengan menggunakan pelampung di lengan tentunya.  kami sekeluarga menyukai aktivitas berenang ini, namun masih jauh dari rutin dalam melakukannya. ke depannya, pingin sekali menjadikannya kegiatan rutin mingguan.
ngomoning soal berenang di tempat umum, tentunya harus memenuhi kriteria antara lain kebersihan kolam, kebersihan tempat bilas dan toiletnya, harga tiket masuk, serta ketersediaan guardian. Berikut ini saya review beberapa kolam renang yang pernah keluarga kami coba di Batam.
1. Kolam renan…

Camping Santai di Seaforest Adventure Batam

Setelah sekian minggu postingan berisi NHW nya Matrikulasi IIP Batch 5, akhirnya sekarang muncul tulisan baru tentang jalan-jalan. Kali ini saya akan bercerita tentang camping keluarga besar kami di Seaforest Adventure, Nongsa Batam.
Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi mengenai fasilitas camping di seaforest berawal dari seorang teman yang mengajak untuk barengan camping di area wisata ini. Akan tetapi waktu belum mengijinkan rombongan yang masing-masing sok sibuk gak pernah ketemu jadwal liburnya, rencana tinggal rencana saja jadinya. Sampailah ketika datang ajakan dari budhe Barrata. Kebetulan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Batam mengadakan acara camping dan budhe salah satu pengurus komunitas tersebut. Ter-realisasi-lah rencana yang tinggal rencana tadi di tangan budhe, daaaann... ditraktir dong. hihii...
Area Seaforest Adventure ini merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai wahana adventurous. Yang pasti ada pantai yang cantik, dengan berbagai spot fot…

Adab Menuntut Ilmu (Pra Bunsay#4)

Alhamdulillah setelah sukses mengikuti wisuda matrikulasi, yang mengukuhkan kelulusan perkuliahan matrikulasi (ecieh kan lulus...) akhirnya memasuki jenjang berikutnya dari perkuliahan Institut Ibu Profesional, yaitu perkuliahan Bunda Sayang, tepatnya Batch 4. Sebelum perkuliahan resmi dimulai, seluruh mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pra bunsay sehingga dapat lebih siap dan mudah beradaptasi dengan perangkat-perangkat perkuliahan yang digunakan. Seperti halnya matrikulasi, pada pra bunsay kali ini, kami para mahasiswa diberikan materi mengenai adab menuntut ilmu serta CoC komunitas Ibu Profesional. Dalam materi tentang adab menuntut ilmu ada 3 perilaku utama para mahasiswa penuntut ilmu, yaitu (1) memiliki adab yang baik terhadap pemberi ilmu, terhadap ilmu itu sendiri maupun terhadap rekan sesama penuntut ilmu. (2) aktif dan bertanggung jawab, hal ini meliputi keaktifan dalam merespon, berdiskusi, maupun kehadiran. Dalam CoC komunitas ibu profesional pun ditekankan aga…