Skip to main content

Review Beberapa tempat berenang di Batam

Berenang merupakan salah satu ketrampilan yang harus kita bekalkan kepada anak-anak kita. salah satu manfaat berenang adalah koordinasi tangan badan dan nafas, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membakar kalori, dan tentu saja menyenangkan untuk anak-anak yang hobinya main air.
alhamdulillah di umur 7 tahun ini Barra sudah mulai bisa untuk sekedar survive di kolam renang dalam tanpa pelampung. Ata yang baru berumur 3,5 tahun sudah memiliki keberanian untuk bermain-main di kolam dalam, dengan menggunakan pelampung di lengan tentunya. 
kami sekeluarga menyukai aktivitas berenang ini, namun masih jauh dari rutin dalam melakukannya. ke depannya, pingin sekali menjadikannya kegiatan rutin mingguan.

ngomoning soal berenang di tempat umum, tentunya harus memenuhi kriteria antara lain kebersihan kolam, kebersihan tempat bilas dan toiletnya, harga tiket masuk, serta ketersediaan guardian. Berikut ini saya review beberapa kolam renang yang pernah keluarga kami coba di Batam.

1. Kolam renang di Sekolah Harapan Utama (SHU)
berenang di SHU menjadi idola kami sekeluarga. Selain tarifnya yang murah, kolam renang yang disediakan pun memiliki ukuran sesuai dengan standar kejuaraan. seringkali lokasi ini dijadikan sebagai lokasi kejuaraan berenang antar club maupun kejuaraan berenang antar sekolah.
kolam ini memiliki tarif berenang yang lumayan murah yaitu 15 ribu untuk dewasa dan 12 ribu untuk anak-anak. Kami sekeluarga biasanya hanya membayar 42 ribu, karena Ata masih belum dihitung olah bapak penjaga kolamnya. di kolam SHU ini tidak ada loket resmi, melainkan bapak-bapak penjaga yang nongkrong di kantin sebelah kolam.
untuk kebersihan kolam saya berikan nilai cukup, karena di sisi-sisi kolam dalam seringkali ada daun yang berguguran dari pohon-pohon sekitar kolam. 
tempat bilas dan toiletnya pun cukup saja nilainya, mengingat harga masuknya yang sangat terjangkau, okelah ya toiletnya. beberapa shower untuk bilasan tidak bisa dipakai, tapi 2 toilet yang ada bisa difungsikan semuanya.
di SHU saya tidak pernah menemukan guardian atau penjaga kolam mengawasi para pengunjung. Jadi jika ingin berenang di sini, kita sebagai orang tua harus sedia dan sigap mengawasi putra putri kita. 
salah satu kelebihan kolam renang SHU adalah kolam untuk anak yang tidak dalam itu, tempatnya lumayan luas.
sampai saat ini SHU menjadi salah satu tempat favorit kami berenang bersama.
kolam renang anak yang lumayan luas di SHU (tidak dalam)

2. Kolam renang di Perumahan Sukajadi
kolam renang di perumahan sukajadi ini merupakan salah satu tempat berenang favorit juga, karena kolamnya bersih, tempat bilas dan toiletnya pun bersih. di kolam renang biasanya ada pelatih renang yang sekaligus menjaga kolam renang. tiket per orang dewasa maupun anak adalah 25 ribu. jadi kalo kami berempat ya 100 ribu. dua kali lipat dari SHU tadi ya, tapi kolam renang dan tempat bilasnya lebih bersih dibandingkan SHU. selain itu kolam renang sukajadi buka setiap saat karena memang ini kolam renang umum. sementara SHU adalah kolam renang yang berada di kawasan sekolah jadi buka mulai sore hari dan setiap hari libur saja.

kelebihan lain dari kolam renang sukajadi adalah adanya ayam goreng fatmawati di kantin yang berada di sebelah kolam. selain itu ada bapak-bapak gerobak crepes yang murah meriah, sekitar 5 ribu per biji.
jadinya setelah kalori dibakar, lanjut makan ayam goreng dan nyemilin crepes.. heheee

3. waterpark dan kolam renang di Dutamas
jika ingin bermain waterboom yang ada seluncurannya, waterpark duta mas ini bisa menjadi salah satu pilihan. akan tetapi jika yang diinginkan adalah berolahraga dan mengasah ketrampilan berenang anak-anak, maka 2 lokasi yang saya sebut sebelumnya lebih tepat untuk dipilih.
terdapat beberapa area di waterpark dutamas ini yaitu area waterboom seluncuran, tempat berenang kolam dangkal, tempat berenang kolam dalam. 
harga tiket di waterpark ini seingat saya adalah 25 ribu untuk anak-anak dan 30 ribu untuk dewasa. 
kebersihan kolamnya saya nilai cukup, karena kadang ada daun-daun dari pepohonan sekitar kolam yang berjatuhan ke kolam.
tempat bilas dan toiletnya oke, karena semua berfungsi dengan baik.
selain fasilitas berenang dan waterpark, di sebelah kolam renang ini ada kantin semacam pujasera. diantaranya adalah warung makmur, es krim, bakso, batagor somay, dan bentopun ada.

4. Waterboom di perumahan Puri Selebriti
4 jenis seluncuran di Puri selebriti waterboom
waterboom di puri selebriti ini memiliki 4 seluncuran dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. seluncuran biru adalah seluncuran yang paling mudah, sementara seluncuran kuning paling seru dan menegangkan. area waterboom di puri selebriti ini luas dan lega, berbeda dengan waterpark di dutamas yang kesannya tertutup dan agak gelap. saya pribadi lebih menyukai waterboom di puri selebriti ini dengan pilihan seluncuran yang lebih banyak. di lokasi ini pun terdapat penjaga yang mengawasi pengunjung sehingga menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
selain itu area berenang utamanya tidak terlalu dalam, hanya setinggi dada orang dewasa. Area kolam dangkalnya pun luas, jadi anak-anak yang belumbisa berenang bisa puas bermain-main di sana.
tempat bilas dan toiletnya pun OK. terdapat kantin dengan menu standar, ada indomie dan teh anget juga. harga tiket di puri selebriti lumayan mahal ya dibandingkan dutamas, yaitu sekitar 40 atau 45 ribu, lupa karena jarang ke sana.

secara keseluruhan review ini, keempat kolam renang ini menjadi favorit keluarga kami dengan kelebihannya masing-masing. untuk tujuan berenang, melatih ketrampilan berenang Barrata, maka pilihan kami adalah SHU maupun sukajadi, tergantung budget dan mood. sedangkan untuk tujuan bermain-main pilihan kami adalah puri selebriti dan duta mas. 

kami sekeluarga juga pernah mencoba kolam renang di radisson (numpang budhe yang lagi menginap), di Aston dan Goldenview. diantara ketiganya, goldenview memiliki tarif yang paling terjangkau yaitu 20 ribu untuk dewasa dan 15 ribu untuk anak-anak. Anda bisa mencobanya jika memiliki waktu luang. fasilitas dan tingkat kebersihannya pun OKE.
kolam renang goldenview di pagi hari jadinya sepi
review ini saya persembahkan untuk mbak LILIES.

Comments

Popular posts from this blog

Camping Santai di Seaforest Adventure Batam

Setelah sekian minggu postingan berisi NHW nya Matrikulasi IIP Batch 5, akhirnya sekarang muncul tulisan baru tentang jalan-jalan. Kali ini saya akan bercerita tentang camping keluarga besar kami di Seaforest Adventure, Nongsa Batam.
Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi mengenai fasilitas camping di seaforest berawal dari seorang teman yang mengajak untuk barengan camping di area wisata ini. Akan tetapi waktu belum mengijinkan rombongan yang masing-masing sok sibuk gak pernah ketemu jadwal liburnya, rencana tinggal rencana saja jadinya. Sampailah ketika datang ajakan dari budhe Barrata. Kebetulan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Batam mengadakan acara camping dan budhe salah satu pengurus komunitas tersebut. Ter-realisasi-lah rencana yang tinggal rencana tadi di tangan budhe, daaaann... ditraktir dong. hihii...
Area Seaforest Adventure ini merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai wahana adventurous. Yang pasti ada pantai yang cantik, dengan berbagai spot fot…

Aliran Rasa Matrikulasi IIP Batch 5 : Ibu Barrata Belajar Profesional

Ibu Barrata Belajar Profesional Oleh : Ely Kurniawati
Alhamdulillah akhirnya tahun ini bisa mengikuti perkuliahan Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Sebenarnya, mengenal bu Septi dan IIP sudah lama dari FB, tapi baru berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan pada tahun ini. Berawal dari postingan teman tentang launching salah satu rumbel di IP Batam. Dan akhirnya saya terhubung dengan leader komunitas, dan masuk ke dalam grup pra matrikulasi. Sungguh nikmat rejeki yang sangat saya syukuri.
Belajar di usia 8 tahun pernikahan, membuat saya sangat iri dengan mereka yang masih muda, mereka yang baru menikah, akan tetapi sudah mengenal IIP dan belajar di dalamnya. Dikala iri hati ini mendera, alhamdulillah di salah satu materi ada kalimat yang menyebutkan bahwa kita hanya perlu untuk lakukan lakukan lakukan, jangan berfokus pada keberhasilan orang lain. Mbak fasil kece, yang biasa kami sapa dengan sebutan cikgu, juga mengingatkan bahwa untuk mengulang fase kehidupan sesuai fitrahnya bu…