Skip to main content

ABCD... serukan katamu!!

Salah satu permainan jadul yang sering saya lakukan bersama teman-teman ketika bersantai di indoor adalah A-B-C-D.. 
Cara bermainnya aadalah masing-masing pemain menunjukkan jumlah jari yang disetorkan, bisa berbeda-beda.. Ada yang menyetor 2 jari, 7 jari ataupun 10 jari..
lantas salah seorang menghitung jari-jari tersebut berdasarkan susunan alfabet
A-B-C-D-E-F-G-H dan seterusnya. jika pemain banyak dan hurufnya sampai Z masih ada jari yang belum dihitung, maka diulang lagi dengan A-B-C-D-E-F-G-H dan seterusnya.

Pada huruf yang terpilih, maka pemain harus menyebutkan kata yang diawali dengan huruf tersebut.
Kata yang dipilih sesuai kesepakatan di awal.
misalnya nama-nama hewan, nama-nama negara, nama-nama orang dan banyak macamnya.

Saat ini saya menggunakan permainan ini untuk melatih kemampuan kosakata barra.
Dimodifikasi dari permainan masa kecil saya, yaitu dengan cara menyebutkan sebanyak mungkin kata yang berawalan dari huruf terpilih.
iya, berbagai macam kata, baik itu kata benda, kata kerja, maupun kata sifat .
misal huruf yang terpilih adalah T maka kami bergantian menyebutkan kata dengan huruf T tersebut.
Barra (B) :Tiup 
Ibuk (I) : Topi 
B : Timun 
I : Teman 
B : Tikus 
I : Terima kasih
B : transformasi! (WOW!! tetiba mendengar barra nyebut transformasi? amaze bangeet..)

Begitulah salah satu permainan jaman dulu yang masih sering kami mainkan.
Terutama jika sedang santai di kamar, atau sedang perjalanan di mobil, seru sekali..

Permainan ini melatih pemahaman bahasa anak-anak kita.
bisa dicoba lo di rumah.

Yuk cusss!!!

#Sepekan Bercerita
#RumbelMenulisIPBatam
#PermainanTradisional

Comments

Popular posts from this blog

Review Beberapa tempat berenang di Batam

Berenang merupakan salah satu ketrampilan yang harus kita bekalkan kepada anak-anak kita. salah satu manfaat berenang adalah koordinasi tangan badan dan nafas, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membakar kalori, dan tentu saja menyenangkan untuk anak-anak yang hobinya main air. alhamdulillah di umur 7 tahun ini Barra sudah mulai bisa untuk sekedar survive di kolam renang dalam tanpa pelampung. Ata yang baru berumur 3,5 tahun sudah memiliki keberanian untuk bermain-main di kolam dalam, dengan menggunakan pelampung di lengan tentunya.  kami sekeluarga menyukai aktivitas berenang ini, namun masih jauh dari rutin dalam melakukannya. ke depannya, pingin sekali menjadikannya kegiatan rutin mingguan.
ngomoning soal berenang di tempat umum, tentunya harus memenuhi kriteria antara lain kebersihan kolam, kebersihan tempat bilas dan toiletnya, harga tiket masuk, serta ketersediaan guardian. Berikut ini saya review beberapa kolam renang yang pernah keluarga kami coba di Batam.
1. Kolam renan…

Camping Santai di Seaforest Adventure Batam

Setelah sekian minggu postingan berisi NHW nya Matrikulasi IIP Batch 5, akhirnya sekarang muncul tulisan baru tentang jalan-jalan. Kali ini saya akan bercerita tentang camping keluarga besar kami di Seaforest Adventure, Nongsa Batam.
Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi mengenai fasilitas camping di seaforest berawal dari seorang teman yang mengajak untuk barengan camping di area wisata ini. Akan tetapi waktu belum mengijinkan rombongan yang masing-masing sok sibuk gak pernah ketemu jadwal liburnya, rencana tinggal rencana saja jadinya. Sampailah ketika datang ajakan dari budhe Barrata. Kebetulan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Batam mengadakan acara camping dan budhe salah satu pengurus komunitas tersebut. Ter-realisasi-lah rencana yang tinggal rencana tadi di tangan budhe, daaaann... ditraktir dong. hihii...
Area Seaforest Adventure ini merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai wahana adventurous. Yang pasti ada pantai yang cantik, dengan berbagai spot fot…

Aliran Rasa Matrikulasi IIP Batch 5 : Ibu Barrata Belajar Profesional

Ibu Barrata Belajar Profesional Oleh : Ely Kurniawati
Alhamdulillah akhirnya tahun ini bisa mengikuti perkuliahan Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Sebenarnya, mengenal bu Septi dan IIP sudah lama dari FB, tapi baru berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan pada tahun ini. Berawal dari postingan teman tentang launching salah satu rumbel di IP Batam. Dan akhirnya saya terhubung dengan leader komunitas, dan masuk ke dalam grup pra matrikulasi. Sungguh nikmat rejeki yang sangat saya syukuri.
Belajar di usia 8 tahun pernikahan, membuat saya sangat iri dengan mereka yang masih muda, mereka yang baru menikah, akan tetapi sudah mengenal IIP dan belajar di dalamnya. Dikala iri hati ini mendera, alhamdulillah di salah satu materi ada kalimat yang menyebutkan bahwa kita hanya perlu untuk lakukan lakukan lakukan, jangan berfokus pada keberhasilan orang lain. Mbak fasil kece, yang biasa kami sapa dengan sebutan cikgu, juga mengingatkan bahwa untuk mengulang fase kehidupan sesuai fitrahnya bu…