Skip to main content

Belajar Puasa

Alhamdulillah, bertemu Ramadhan lagi tahun ini.
bulan Ramadhan yang merupakan bulan istimewa, bulan kita belajar menahan hawa nafsu, belajar menempa diri supaya nanti ketika sudah tidak ramadhan, kita masih mengingat bagaimana rasanya berpuasa. Amal ibadahpun dilipatgandakan pahalanya.. berlomba-lombalah kita untuk beribadah kepadaNya.

akan tetapi pernahkah kita merasa? di bulan yang mana kita makan cuma 2 kali sehari, di bulan yang mana seharusnya kita menahan diri, pengeluaran malah berlipat-lipat??
memang sih ya, harga barang banyak yang naik, akan tetapi berlipat-lipatnya pengeluaran ini bukan semata karena kenaikan harga barang, tapi karena belanja yang meningkat. Di keluarga kamipun hal itu terjadi. siangnya puasa, tapi sudah mikir mau berbuka apa, besok menunya apa dan berbuka bersama dengan komunitas yang mana. 

Di tahun ini, saya dan suami, bersepakat untuk membuat perubahan. Dimulai dengan tata cara kami berbuka puasa. jika sebelumnya, takjil itu ada yang segar-segar, kemudian cemilan dan gorengan yang yummy itu, maka tahun ini kami mulai belajar untuk makan sebagaimana biasanya. Minum teh, air putih, sayur bening bayam tempe penyet, cemilan tidaklah wajib ada tiap hari. Menyediakan cemilan, gorengan, es buah dan lainnya yang seger-seger itu tidaklah kami larang, hanya saja kami berusaha bersikap seperti hari-hari lainnya saja. jika hari-hari biasa kami kadang bikin kolak, ya bikin kolak sekali dua kali tak mengapa. 
Untuk saya pribadi, saya berencana sahur dengan buah dan air putih saja. Dari perjalanan 4 hari ini, hari ke-4 sudah gagal.. hehee udah sahur nasi putih aja pagi tadi. 
Demikian halnya dengan mas Barra, dalam 4 hari ini, menu buka puasa mas barra adalah teh anget dan makan nasi seperti biasanya saja. 
Apa yang kami lakukan ini masih jauh dari menahan hawa nafsu, tapi kami berusaha untuk belajar berpuasa.

Aktivitas lain yang kami rencanakan adalah belajar membiasakan mas Barra untuk bangun sahur, dan tidak bobok lagi selepas sahur, melainkan tunggu waktu sholat subuh. Alhamdulillah 4 hari ini mas Barra tidak rewel bangun sahur, ceria, dan bisa sholat Subuh di masjid. Proses belajar di bulan Ramadhan ini semoga lancar sampai akhir, dan bisa dilanjutkan di hari-hari setelah Ramadhan nantinya.
Rencana aktivitas lainnya adalah, setiap selepas Subuh, mengaji dan menghapal surat pendek, buat ibu, abi dan mas Barra. Awalnya mas Barra masih kurang semangat, karena memang kami belum membiasakan mas Barra aktivitas pagi. Semoga bisa istiqomah dalam melanjutkan aktivitas ini.

Selain kedua hal di atas, kami sekeluarga menyukai tur masjid. Kami berpindah-pindah masjid untuk sholat tarawih. Kalo tahun lalu kami lakukan di hari week end saja, tahun ini, kami berencana mudik awal, jadi sepertinya agenda ini dilakukan di minggu terakhir Ramadhan, saat abi juga sudah mudik ke Ponorogo. Sepertinya seru jika bisa mengunjungi masjid-masjid bersejarah di Ponorogo, masjid Agung, masjid di pondok Gontor, ataupun masjid Tegalsari.

Itulah sedikit rencana Ramadhan kami untuk mba safri. semoga kita semua dapat meraih berkah di bulan istimewa ini untuk menjadi bekal menjalani bulan-bulan berikutnya. Aamiin




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Beberapa tempat berenang di Batam

Berenang merupakan salah satu ketrampilan yang harus kita bekalkan kepada anak-anak kita. salah satu manfaat berenang adalah koordinasi tangan badan dan nafas, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membakar kalori, dan tentu saja menyenangkan untuk anak-anak yang hobinya main air. alhamdulillah di umur 7 tahun ini Barra sudah mulai bisa untuk sekedar survive di kolam renang dalam tanpa pelampung. Ata yang baru berumur 3,5 tahun sudah memiliki keberanian untuk bermain-main di kolam dalam, dengan menggunakan pelampung di lengan tentunya.  kami sekeluarga menyukai aktivitas berenang ini, namun masih jauh dari rutin dalam melakukannya. ke depannya, pingin sekali menjadikannya kegiatan rutin mingguan.
ngomoning soal berenang di tempat umum, tentunya harus memenuhi kriteria antara lain kebersihan kolam, kebersihan tempat bilas dan toiletnya, harga tiket masuk, serta ketersediaan guardian. Berikut ini saya review beberapa kolam renang yang pernah keluarga kami coba di Batam.
1. Kolam renan…

Camping Santai di Seaforest Adventure Batam

Setelah sekian minggu postingan berisi NHW nya Matrikulasi IIP Batch 5, akhirnya sekarang muncul tulisan baru tentang jalan-jalan. Kali ini saya akan bercerita tentang camping keluarga besar kami di Seaforest Adventure, Nongsa Batam.
Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi mengenai fasilitas camping di seaforest berawal dari seorang teman yang mengajak untuk barengan camping di area wisata ini. Akan tetapi waktu belum mengijinkan rombongan yang masing-masing sok sibuk gak pernah ketemu jadwal liburnya, rencana tinggal rencana saja jadinya. Sampailah ketika datang ajakan dari budhe Barrata. Kebetulan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Batam mengadakan acara camping dan budhe salah satu pengurus komunitas tersebut. Ter-realisasi-lah rencana yang tinggal rencana tadi di tangan budhe, daaaann... ditraktir dong. hihii...
Area Seaforest Adventure ini merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai wahana adventurous. Yang pasti ada pantai yang cantik, dengan berbagai spot fot…

Aliran Rasa Matrikulasi IIP Batch 5 : Ibu Barrata Belajar Profesional

Ibu Barrata Belajar Profesional Oleh : Ely Kurniawati
Alhamdulillah akhirnya tahun ini bisa mengikuti perkuliahan Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Sebenarnya, mengenal bu Septi dan IIP sudah lama dari FB, tapi baru berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan pada tahun ini. Berawal dari postingan teman tentang launching salah satu rumbel di IP Batam. Dan akhirnya saya terhubung dengan leader komunitas, dan masuk ke dalam grup pra matrikulasi. Sungguh nikmat rejeki yang sangat saya syukuri.
Belajar di usia 8 tahun pernikahan, membuat saya sangat iri dengan mereka yang masih muda, mereka yang baru menikah, akan tetapi sudah mengenal IIP dan belajar di dalamnya. Dikala iri hati ini mendera, alhamdulillah di salah satu materi ada kalimat yang menyebutkan bahwa kita hanya perlu untuk lakukan lakukan lakukan, jangan berfokus pada keberhasilan orang lain. Mbak fasil kece, yang biasa kami sapa dengan sebutan cikgu, juga mengingatkan bahwa untuk mengulang fase kehidupan sesuai fitrahnya bu…