Skip to main content

Parade nasi berkatan ulang tahun

Assalamualaikum semuanya,
kali ini saya mendapat tantangan dari mbak Nurbaini untuk menuliskan resep favorit keluarga di blog masing-masing peserta arisan rumbel menulis IIP Batam. Sebenarnya masakan favorit di rumah adalah telur ceplok, ga pake ribet dan anti gagal ahahaa... gak ding kesukaan kami sekeluarga adalah Garang Asem, yaitu masakan jawa yang dibuat dari ayam kampung dibumbui santan yang rasanya gurih asem gitu. dibungkus daun pisang trus dikukus. Tapi karena belum sempet bikinnya, jadinya saya share masakan yang saya buat ketika suami saya ulang tahun 7 Januari kemarin.

ceritanya lagi kangen nasi berkatan yang biasa dimakan kalo sedang di Jawa. Karena momennya pas banget ada yang berulang tahun, saya dan Uti pun memasak tumpeng ala-ala. isiannya yaitu nasi uduk yang dimasak super simpel menggunakan rice cooker, ayam goreng lengkuas, sambal goreng kentang, urap sayuran hijau campur campur, dan mie goreng yang dimasak super kilat menggunakan bumbu dasar putih.
Maemnya pake daun, benar-benar seperti berkatan di Jawa

Yang bakalan ikut parade kali ini adalah nasi uduk rice cooker dan ayam goreng lengkuas. Berikut ini resepnya masing-masing.

Resep Nasi Uduk Rice Cooker

Bahan :
Beras putih, cuci bersih seperti biasa memasak nasi
Santan yang kekentalannya sedang saja, direbus sambil aduk-aduk
daun salam
bawang merah goreng
garam

Cara Membuat :
  • Masukkan beras ke panci rice cooker, masukkan santan yang sudah dididihkan selagi panas, daun salam, bawang merah goreng dan garam.
  • Nyalakan tombol rice cooker ke mode : COOK
  • Ketika dirasa sudah hampir matang, aduk-aduk sebentar agar santan tercampur rata. tunggu sampai matang.
Catatan:
Jumlah cairan sesuaikan dengan selera ketika memasak nasi biasanya (lebih baik tidak terlalu lembek)
Rasa nasi uduk enak banget kalo santannya kerasa, gurih gitu deh


Resep Ayam Goreng Lengkuas
untuk ayam goreng lengkuas, resepnya saya ambil dari blog mbak Ricke.
Bahan :
1 ekor ayam, potong 8-12 bagian (saya menggunakan ayam potong biasa sekitar 12 potong)
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 lembar daun jeruk sobek-sobek
1 batang sereh digeprek
200 ml air
beberapa lengkuas diparut (kemarin saya blender aja, jadinya ga panjang seperti diparut)

bumbu halus :
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
1 batang lengkuas
3 cm kunyit
3 butir kemiri
1 ruas jahe

Cara Membuat :
1. Campur bumbu halus dengan lengkuas parut, kemudian lumuri ayam dengan bumbu tersebut.
2. Masukkan ayam ke wajan, beri air dan sisa bahan, aduk rata. masak sampai air kering.
3. Pisahkan ayam dari bumbu serundeng lengkuas, agar memudahkan menggoreng.
4. Panaskan minyak yang banyak. Goreng ayam hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
5. Goreng sisa bumbu lengkuas hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, taburkan ke atas ayam goreng.
Siap disajikan

Surpriiiiiseee untuk ABI







Comments

Popular posts from this blog

Camping Santai di Seaforest Adventure Batam

Setelah sekian minggu postingan berisi NHW nya Matrikulasi IIP Batch 5, akhirnya sekarang muncul tulisan baru tentang jalan-jalan. Kali ini saya akan bercerita tentang camping keluarga besar kami di Seaforest Adventure, Nongsa Batam.
Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi mengenai fasilitas camping di seaforest berawal dari seorang teman yang mengajak untuk barengan camping di area wisata ini. Akan tetapi waktu belum mengijinkan rombongan yang masing-masing sok sibuk gak pernah ketemu jadwal liburnya, rencana tinggal rencana saja jadinya. Sampailah ketika datang ajakan dari budhe Barrata. Kebetulan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Batam mengadakan acara camping dan budhe salah satu pengurus komunitas tersebut. Ter-realisasi-lah rencana yang tinggal rencana tadi di tangan budhe, daaaann... ditraktir dong. hihii...
Area Seaforest Adventure ini merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai wahana adventurous. Yang pasti ada pantai yang cantik, dengan berbagai spot fot…

Restu Orangtua dan Tawakkal atas takdir Nya

Bismillahirrahmanirrahiim...
flashback dulu ya ke masa-masa lulus kuliah

sebagaimana teman-teman seangkatan, saya pun lantas melamar pekerjaan di mana mana ketika sudah mengantongi surat keterangan lulus. harapannya adalah ketika wisuda nantinya sudah mendapatkan pekerjaan.
akan tetapi selalu saja belum berhasil mendapatkan pekerjaan.
gagal dan selalu gagal. Adalah bapak yang berpesan untuk menikmati hidup pasca perkuliahan. Bapak berpesan agar saya menikmati hidup merdeka, sebelum disibukkan dengan pekerjaan, sebelum disibukkan dengan kewajiban menjadi istri seseorang. Tak memperhatikan pesan tersebut, saya tetap saja melamar pekerjaan di sana sini. Sampai suatu ketika bapak menelpon menanyakan kenapa saya tidak pulang ke rumah. Bapak yang memang tegas dan sepertinya memahami keinginan saya, lantas langsung menuju pokok pembahasan dan mengatakan agar saya berhenti melamar pekerjaan, agar saya menikmati kemerdekaan saya sebagai perempuan, sambil menunggu wisuda saya harus pulang. Sekuat a…

Review Beberapa tempat berenang di Batam

Berenang merupakan salah satu ketrampilan yang harus kita bekalkan kepada anak-anak kita. salah satu manfaat berenang adalah koordinasi tangan badan dan nafas, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membakar kalori, dan tentu saja menyenangkan untuk anak-anak yang hobinya main air. alhamdulillah di umur 7 tahun ini Barra sudah mulai bisa untuk sekedar survive di kolam renang dalam tanpa pelampung. Ata yang baru berumur 3,5 tahun sudah memiliki keberanian untuk bermain-main di kolam dalam, dengan menggunakan pelampung di lengan tentunya.  kami sekeluarga menyukai aktivitas berenang ini, namun masih jauh dari rutin dalam melakukannya. ke depannya, pingin sekali menjadikannya kegiatan rutin mingguan.
ngomoning soal berenang di tempat umum, tentunya harus memenuhi kriteria antara lain kebersihan kolam, kebersihan tempat bilas dan toiletnya, harga tiket masuk, serta ketersediaan guardian. Berikut ini saya review beberapa kolam renang yang pernah keluarga kami coba di Batam.
1. Kolam renan…