NHW#6 ibu barrata belajar menjadi manager keluarga handal

bismillahirrahmanirrahiim..
memasuki minggu ke-6 semakin teknis tugas yang diberikan di perkuliahan matrikulasi IIP Batch 5. Dalam materi ke -6 ini dijelaskan mengenai bagaimana menjalani peran ibu menjadi seorang manager keluarga yang handal. Bahwa tugas seorang ibu adalah bisa menyelesaikan semua pekerjaan rumah tangga baik dikerjakan sendiri maupun didelegasikan. Dan jika bercermin dengan selama ini yang saya lakukan, saya masih terlalu rempong dengan urusan domestik bahkan urusan tidak penting, yang bisa mengganggu mood saya dalam menjalankan tugas utama membersamai anak-anak tercinta.
Saya sangat bersyukur bisa dibimbing secara intensif bahkan sampai hal yang teknis dalam menyusun jadwal harian sehingga bisa menentukan mana yang prioritas dan mana yang tidak.

Jadi dalam menyusun jadwal harian nantinya, tahapan yang harus dilakukan pertama kali adalah sebagai berikut :
1. Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting
aktivitas paling penting untuk dilakukan adalah membaca dan menulis, mengurus pekerjaan rumah tangga, dan beribadah.
aktivitas paling tidak penting adalah mantengin sosmed all day all the time, chit chat di WA grup yang banyak sekali yang saya ikuti, nonton film yang nyanduin. nonton film masih oke dan saya butuhkan sekali-kali untuk mengisi me time dengan suami di saat anak-anak sudah tidur atau anak-anak sedang beraktivitas .

2. Susunlah jadwal harian berdasarkan prioritas tersebut.
jadwal harian yang saya buat ini masih versi ely-1, karena saya masih ingin mencari referensi juklak aktivitas harian anak. masih terlalu "ngglambyar" mengenai mau ngapain dengan anak-anak. yang terlintas dalam kepala baru melakukan permainan boardgame, main lego, main dengan mainan yang ada, serta baca buku bareng-bareng.
ke depan di jadwal harian versi Ely-2 akan saya update mengenai jadwal harian anak yang lebih bagus lagi.
selanjutnya kegiatan harian yang tidak bisa saya selesaikan dalam waktu sebelum jam 7, harus benar-benar saya tinggalkan agar bisa membersamai anak-anak dalam bermain dan belajar. 
Alhamdulillah sekali, sejak ikut matrikulasi ini, saya sudah banyak berkurang dalam melakukan chit chat di grup WA dalam tanda kutip pecakapan yang kurang bermanfaat. karena untuk komunitas dan teman-teman tertentu saya masih membutuhkan dukungan dan diskusi dalam grup grup tersebut.
semoga jadwal yang tersusun ini bisa terlaksana dan didukung oleh suami sepenuhnya.

#Ely Kurniawati
#NHW_6
#KuliahMatrikulasiBatch5
#MenjadiManajerkeluargaHandal

Comments