Sunday, February 4, 2018

Checklist Indikator Ibu Barrata belajar Profesional

bismillahirrahmanirrahiim
alhamdulillah sudah memasuki minggu ke-2 perkuliahan matrikulasi IIP batch 5 dengan tema MENJADI IBU PROFESIONAL, KEBANGGAAN KELUARGA.

Saya rasa cita-cita para ibu yang belajar di Institut Ibu Profesional adalah ingin agar menjadi seorang ibu profesional. Akan tetapi seperti apakah ibu yang profesional itu?  berdasarkan makna katanya, ibu profesional adalah perempuan yang memiliki profesi sebagai pendidik utama dan pertama bagi anaknya, dan menjalankannya dengan senantiasa belajar dan bersungguh-sungguh dalam mengelola keluarga dan mendidik anak-anaknya secara berkualitas.

Komunitas ibu profesional adalah forum belajar bagi para perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitasnya sebagai seorang ibu, istri dan sebagai individu. Adapun tahapan yang harus dilalui oleh seorang ibu profesional ada 4, yaitu bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda shaleha, yang keseluruhannya akan diajarkan dalam Institut Ibu Profesional.

Dalam setiap cita-cita ataupun visi misi yang ditargetkan, tentunya selalu ada tolok ukur atau bahasa kerennya key performance indicator yang digunakan untuk mengukur seberapa besar pencapaian target yang dibuat. Sebagai ibu profesional, apakah yang menjadi tolok ukur keberhasilannya??
berdasarkan materi yang dijelaskan dalam minggu kedua ini, indikator keberhasilan seorang ibu profesional adalah menjadi KEBANGGAN KELUARGA. sangat simpel sekali indikatornya, diucapkan hanya dalam dua kata saja, namun untuk meraih dua kata tersebut dibutuhkan ilmu pengetahuan dan dalam menjalankannya harus bersungguh-sungguh dan istiqomah.  Bismillah saya berdoa semoga bisa melalui keempat tahapan ibu profesional tersebut di atas, sehingga menjadi seorang ibu yang dibanggakan oleh anak-anak, dan juga menjadi istri kebanggaan suami. 

Untuk mempermudah kami, para ibu yang sedang belajar untuk menjadi profesional ini, kelas matrikulasi IIP minggu kedua ini memberikan tugas agar kami membuat CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN, sebagai individu, sebagai ibu, maupun sebagai seorang istri. Kami harus membuat indikator yang akan membantu untuk bisa menjadi kebanggaan keluarga tadi.
kunci dalam membuat indikator tersebut disingkat dalam kata SMART, yaitu terdiri dari
S-M-A-R-T
Specific       : Unik/detil
Measurable : terukur, misal dalam 1 bulan 4 kali sharing
Achievable  : bisa diraih, tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah
Realistic      : berhubungan kehidupan sehari-hari
Timebond    : ada target waktu 

Baiklah mari kita uraikan apa saja indikator yang harus saya capai agar menjadi kebanggaan barrata dan abi ari.. daaan semoga nantinya bisa bersungguh-sungguh menjalankannya. seperti pesan pak Dodik kepada ibu Septi agar bersungguh-sungguh dalam menjadi ibu,
"Bersungguh-sungguhlah kamu di dalam, maka kamu akan keluar dengan kesungguhan itu. tidak ada hukum terbalik." - Dodik Maryanto
Setelah melakukan brainstorming ala ala dengan suami tersayang, dan juga anak-anak imut lucu barra dan ata, berikut ini checklist indikator profesionalisme ibu Ely.

  • Sebagai Individu

  • Sebagai Istri

  • Sebagai Ibu
demikianlah checklist ini saya buat, semoga istiqomah dalam menjalankan. bismillahirrahmanirrahiim.
#Ely Kurniawati
#NHW_2
#KuliahMatrikulasiBatch5
#MenjadiIbuProfesionalKebanggaanKeluarga

No comments:

Post a Comment