Skip to main content

Checklist Indikator Ibu Barrata belajar Profesional

bismillahirrahmanirrahiim
alhamdulillah sudah memasuki minggu ke-2 perkuliahan matrikulasi IIP batch 5 dengan tema MENJADI IBU PROFESIONAL, KEBANGGAAN KELUARGA.

Saya rasa cita-cita para ibu yang belajar di Institut Ibu Profesional adalah ingin agar menjadi seorang ibu profesional. Akan tetapi seperti apakah ibu yang profesional itu?  berdasarkan makna katanya, ibu profesional adalah perempuan yang memiliki profesi sebagai pendidik utama dan pertama bagi anaknya, dan menjalankannya dengan senantiasa belajar dan bersungguh-sungguh dalam mengelola keluarga dan mendidik anak-anaknya secara berkualitas.

Komunitas ibu profesional adalah forum belajar bagi para perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitasnya sebagai seorang ibu, istri dan sebagai individu. Adapun tahapan yang harus dilalui oleh seorang ibu profesional ada 4, yaitu bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda shaleha, yang keseluruhannya akan diajarkan dalam Institut Ibu Profesional.

Dalam setiap cita-cita ataupun visi misi yang ditargetkan, tentunya selalu ada tolok ukur atau bahasa kerennya key performance indicator yang digunakan untuk mengukur seberapa besar pencapaian target yang dibuat. Sebagai ibu profesional, apakah yang menjadi tolok ukur keberhasilannya??
berdasarkan materi yang dijelaskan dalam minggu kedua ini, indikator keberhasilan seorang ibu profesional adalah menjadi KEBANGGAN KELUARGA. sangat simpel sekali indikatornya, diucapkan hanya dalam dua kata saja, namun untuk meraih dua kata tersebut dibutuhkan ilmu pengetahuan dan dalam menjalankannya harus bersungguh-sungguh dan istiqomah.  Bismillah saya berdoa semoga bisa melalui keempat tahapan ibu profesional tersebut di atas, sehingga menjadi seorang ibu yang dibanggakan oleh anak-anak, dan juga menjadi istri kebanggaan suami. 

Untuk mempermudah kami, para ibu yang sedang belajar untuk menjadi profesional ini, kelas matrikulasi IIP minggu kedua ini memberikan tugas agar kami membuat CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN, sebagai individu, sebagai ibu, maupun sebagai seorang istri. Kami harus membuat indikator yang akan membantu untuk bisa menjadi kebanggaan keluarga tadi.
kunci dalam membuat indikator tersebut disingkat dalam kata SMART, yaitu terdiri dari
S-M-A-R-T
Specific       : Unik/detil
Measurable : terukur, misal dalam 1 bulan 4 kali sharing
Achievable  : bisa diraih, tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah
Realistic      : berhubungan kehidupan sehari-hari
Timebond    : ada target waktu 

Baiklah mari kita uraikan apa saja indikator yang harus saya capai agar menjadi kebanggaan barrata dan abi ari.. daaan semoga nantinya bisa bersungguh-sungguh menjalankannya. seperti pesan pak Dodik kepada ibu Septi agar bersungguh-sungguh dalam menjadi ibu,
"Bersungguh-sungguhlah kamu di dalam, maka kamu akan keluar dengan kesungguhan itu. tidak ada hukum terbalik." - Dodik Maryanto
Setelah melakukan brainstorming ala ala dengan suami tersayang, dan juga anak-anak imut lucu barra dan ata, berikut ini checklist indikator profesionalisme ibu Ely.

  • Sebagai Individu

  • Sebagai Istri

  • Sebagai Ibu
demikianlah checklist ini saya buat, semoga istiqomah dalam menjalankan. bismillahirrahmanirrahiim.
#Ely Kurniawati
#NHW_2
#KuliahMatrikulasiBatch5
#MenjadiIbuProfesionalKebanggaanKeluarga

Comments

Popular posts from this blog

Review Beberapa tempat berenang di Batam

Berenang merupakan salah satu ketrampilan yang harus kita bekalkan kepada anak-anak kita. salah satu manfaat berenang adalah koordinasi tangan badan dan nafas, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, membakar kalori, dan tentu saja menyenangkan untuk anak-anak yang hobinya main air. alhamdulillah di umur 7 tahun ini Barra sudah mulai bisa untuk sekedar survive di kolam renang dalam tanpa pelampung. Ata yang baru berumur 3,5 tahun sudah memiliki keberanian untuk bermain-main di kolam dalam, dengan menggunakan pelampung di lengan tentunya.  kami sekeluarga menyukai aktivitas berenang ini, namun masih jauh dari rutin dalam melakukannya. ke depannya, pingin sekali menjadikannya kegiatan rutin mingguan.
ngomoning soal berenang di tempat umum, tentunya harus memenuhi kriteria antara lain kebersihan kolam, kebersihan tempat bilas dan toiletnya, harga tiket masuk, serta ketersediaan guardian. Berikut ini saya review beberapa kolam renang yang pernah keluarga kami coba di Batam.
1. Kolam renan…

Camping Santai di Seaforest Adventure Batam

Setelah sekian minggu postingan berisi NHW nya Matrikulasi IIP Batch 5, akhirnya sekarang muncul tulisan baru tentang jalan-jalan. Kali ini saya akan bercerita tentang camping keluarga besar kami di Seaforest Adventure, Nongsa Batam.
Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi mengenai fasilitas camping di seaforest berawal dari seorang teman yang mengajak untuk barengan camping di area wisata ini. Akan tetapi waktu belum mengijinkan rombongan yang masing-masing sok sibuk gak pernah ketemu jadwal liburnya, rencana tinggal rencana saja jadinya. Sampailah ketika datang ajakan dari budhe Barrata. Kebetulan komunitas Tangan Di Atas (TDA) Batam mengadakan acara camping dan budhe salah satu pengurus komunitas tersebut. Ter-realisasi-lah rencana yang tinggal rencana tadi di tangan budhe, daaaann... ditraktir dong. hihii...
Area Seaforest Adventure ini merupakan kawasan wisata terpadu yang dilengkapi berbagai wahana adventurous. Yang pasti ada pantai yang cantik, dengan berbagai spot fot…

Aliran Rasa Matrikulasi IIP Batch 5 : Ibu Barrata Belajar Profesional

Ibu Barrata Belajar Profesional Oleh : Ely Kurniawati
Alhamdulillah akhirnya tahun ini bisa mengikuti perkuliahan Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Sebenarnya, mengenal bu Septi dan IIP sudah lama dari FB, tapi baru berkesempatan untuk mengikuti perkuliahan pada tahun ini. Berawal dari postingan teman tentang launching salah satu rumbel di IP Batam. Dan akhirnya saya terhubung dengan leader komunitas, dan masuk ke dalam grup pra matrikulasi. Sungguh nikmat rejeki yang sangat saya syukuri.
Belajar di usia 8 tahun pernikahan, membuat saya sangat iri dengan mereka yang masih muda, mereka yang baru menikah, akan tetapi sudah mengenal IIP dan belajar di dalamnya. Dikala iri hati ini mendera, alhamdulillah di salah satu materi ada kalimat yang menyebutkan bahwa kita hanya perlu untuk lakukan lakukan lakukan, jangan berfokus pada keberhasilan orang lain. Mbak fasil kece, yang biasa kami sapa dengan sebutan cikgu, juga mengingatkan bahwa untuk mengulang fase kehidupan sesuai fitrahnya bu…